Profil

Dalam dunia Sistem Informasi yang meledak pada saat sekarang ini, komputer dan bahasa pemrograman bukanlah suatu hal yang asing lagi, bahkan aplikasinya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, laboratorium ini tercipta untuk menyediakan pelayanan dan pengenalan bagi mahasiswa TEUB dan khalayak masyarakat. Untuk melakukan percobaan dalam menggunakan dan menguasai bahasa pemrograman, khususnya bahasa C & Phyton serta aplikasi sistem operasi pada Jaringan Komputer dan penyelesaian masalah yang terkait dengan penggunaan komputer.

Dalam laboratorium ini terdapat 25 komputer yang dapat digunakan oleh praktikan dalam melakukan percobaan. Pada Praktikum Dasar Pemrograman, percobaan dibagi dalam tujuh bagian atau bab, yaitu Pengenalan Bahasa C, Operator dan Penyeleksi Kondisi, Perulangan dan Larik, dan yang terakhir adalah Fungsi, Python Introduction, Penyeleksi Kondisi, Perulangan dan Fungsi Pada Python, Object Oriented Programming ( OOP ) dan untuk Praktikum Jaringan Komputer, percobaan yang dilaksanakan adalah Pengenalan Jaringan Komputer, Internet Protokol, Routing, DNS, dan Keamanan Jaringan Komputer. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan tiap praktikan dapat mengoperasikan satu komputer sehingga praktikum dapat berjalan secara efektif dan optimal, tepat sasaran.

Laboratorium ini terletak di Gedung C Teknik Elektro atau yang biasa disebut dengan Gedung Baru Elektro (GBE) lantai 1 sebelah utara. Dibalut oleh birunya karpet dan sejuknya udara AC, membuat penghuninya terasa nyaman berada di sana. Disamping kegiatan praktikum, pada laboratorium ini juga diadakan kegiatan Riset, Konsultasi, Desain dan Implementasi yang dibutuhkan dari masyrakat.