1. Semua praktikan wajib mengikuti semua kegiatan praktikum dan asistensi
  2. Setiap pelanggaran akan dikenai sanksi berupa poin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk pelanggaran ringan akan dikenakan poin sesuai dengan beratnya pelanggaran. Adapun kebijakan poin yang berlaku adalah sebagai berikut :
    • Poin 1 : Nilai akhir praktikan dikurangi 5
    • Poin 2 : Nilai akhir praktikan dikurangi 10
    • Poin 3 : nilai akhir praktikan dikurangi 15
    • Poin 4 : Nilai akhir praktikan dikurangi 20
    • Poin 5 : Gugur
  3. Batas keterlambatan praktikan adalah maksimal 15 menit dari jam praktikum dimulai dan yang dijadikan acuan adalah jam di Laboratorium Komputasi dan Jaringan. Bagi praktikan yang terlambat <= 15 menit, dikenakan poin 1 . Sedangkan bagi praktikan yang terlambat >15 menit akan digugurkan dari praktikum, kecuali jika ada ijin jelas disertai dengan surat ijin dengan format sesuai denagn yang ada di website komjar.elektro.ub.ac.id
  4. Bagi praktikan yang ingin pindah shift harus membuat surat disertai persetujuan koordinator asisten, minimal H-1 sebelum praktikum dimulai.
  5. Pada saat praktikum, praktikan harus berpakaian rapi, mengenakan jas praktikum, dan membawa buku petunjuk praktikum
  6. Selama praktikum harap praktikan mengondisikan handphone agar tidak mengganggu jalannya praktikum
  7. Setiap praktikan WAJIB mengerjakan tugas pendahuluan dan tugas tambahan (bagi yang mendapat tugas tambahan) sesuai dengan format yang telah ditentukan sebelum mengikuti praktikum tiap bab. Pengumpulan tugas pendahuluan dan tugas tambahan maksimal saat praktikum hari pertama dimulai.
  8. Tugas pendahuluan dan tugas tambahan anatar praktikan tidak boleh sama (algoritma, listing program dan flowchart). Jika ada yang sama, maka nilai praktikan adalah nilai tertinggi dari tugas tersebut dibagi dengan jumlah tugas yang sama
  9. Batas waktu maksimal asistensi adalah 2×24 jam dari hari kedua praktikum. Toleransi keterlambatan asistensi maksimal 2 hari setelah waktu yang ditentukan, dengan konsekuensi dikenakan 1 poin perhari. Praktikan yang terlambat asistensi >2 hari toleransi, akan digugurkan. Kecuali ada kesepakatan antara praktikan dan asisten.
  10. Hari sabtu, minggu dan hari libur tidak dihitung sebagai waktu praktikum dan asistensi, kecuali ada kesepakatan antara pihak asisten dan praktikan.